Alasan Memilih Panel Tenaga Surya

Saat ini ada beberapa metode yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan energi listrik. Namun salah satu metode yang mulai populer belakangan ini adalah panel tenaga surya. Ada banyak orang yang rasa tertarik untuk menggunakan panel tenaga surya ini namun mereka merasa kuatir akan harga dari panel tenaga surya yang mungkin akan terlalu mahal untuk mereka.

Sebenarnya dengan perkembangan teknologi terbaru saat ini sudah ada banyak pada tenaga surya yang dibuat dalam ukuran yang cukup kecil dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Jika dilihat sekilas memang harga yang dikeluarkan untuk membeli panel tenaga surya ini akan lebih mahal daripada penggunaan listrik PLN ataupun dengan membeli genset.

Namun panel tenaga surya ini mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan penggunaan genset. Tenaga surya biasanya diletakkan di atas atap rumah sehingga tidak memakan tempat baik di dalam rumah ataupun di halaman. Berbeda dengan genset di mana anda harus menyediakan tempat khusus untuk meletakkan benda tersebut baik itu di luar rumah ataupun di dalam rumah.

Selain itu genset juga pada umumnya akan menghasilkan suara yang bising. Suara bising ini dihasilkan dari mesin genset yang berputar dan seringkali bertanya keras jika beban listrik di dalam rumah meningkat. Jadi ini bukanlah pilihan bagi anda yang menginginkan suasana yang tenang.

Solar cell atau panel tenaga surya sama sekali tidak mempunyai bagian yang bergerak sehingga anda bisa mendapatkan listrik di dalam rumah anda tanpa menghasilkan kebisingan sedikitpun. Selain itu panel tenaga surya tidak mempunyai bagian yang bergerak didalam sistemnya sehingga panel tenaga surya cenderung jauh lebih awet dibandingkan dengan genset.

Mungkin ada orang yang berpikir bahwa mana tenaga surya sangat bergantung sinar matahari. Memang hal itu sangat benar namun pengisian sinar matahari beberapa jam saja sudah bisa digunakan untuk listrik sepanjang hari. Jadi jika kita memasuki musim hujan maka panah tenaga listrik tetap bisa menghasilkan listrik yang kita butuhkan. Justru genset seringkali bermasalah pada saat bahan bakarnya habis jadi anda harus pergi mencari bahan bakar untuk mengisi genset.

Tentu hal ini masih muda jika anda tinggal di kawasan perkotaan atau kabupaten. Namun jika anda sudah tinggal di bagian pinggir pedesaan atau bahkan di kawasan tambang dan hutan, untuk mendapatkan bahan bakar untuk genset. Ini pada akhirnya akan lebih murah dari penggunaan genset ataupun listrik PLN jika anda menggunakannya untuk jangka waktu yang lama.

Ada banyak orang yang konsumsi listrik perbulan nya ada di kisaran Rp400.000 hingga Rp500.000 untuk daya 900 watt. Jadi jika anda bisa menggunakan solar cell selama 2 tahun maka itu berarti anda sudah akan berhemat biaya listrik PLN sekitar 9,6 juta hingga 12 juta rupiah. Anda sudah bisa mendapatkan satu sistem solar cell yang berkualitas baik dengan harga yang ada di kisaran ini. Jadi anda bisa membayangkan bisa mendapatkan listrik yang harganya akan semakin murah di daerah pedalaman hanya dengan memasang panel tenaga surya di rumah anda.

Alasan Memilih Panel Tenaga Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas