Apotek Online Membantu Masyarakat Yang Membutuhkan Obat-obatan

Saat ini apotek memegang peranan yang sangat penting dalam layanan kesehatan masyarakat. Hal ini dikarenakan apotek berfungsi penting dalam peredaran obat-obatan di masyarakat. Apotek juga memegang fungsi pengawasan dalam peredaran obat-obatan ini. Sayangnya saat ini masih banyak apotek yang tergolong tidak lengkap dalam ketersediaan obat-obatan.

Masyarakat seringkali kesulitan mencari obat-obatan tertentu dari apotek. Jadi untuk mengatasi masalah ini tentu dibutuhkan solusi yang bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan obat-obatan yang dibutuhkan.
Salah satu solusi yang sangat menjanjikan adalah sistem belanja online. Dengan menerapkan sistem belanja ini, masyarakat bisa memesan obat-obatan tanpa harus mengunjungi apotek. Sistem ini tentunya bisa sangat membantu di masa pandemic seperti saat ini.

Masyarakat bisa mencegah terjadinya kerumunan di apotek dengan membeli obat-obatan secara online. Terlebih lagi kerumunan di apotek biasanya merupakan kerumunan beresiko tinggi, karena sebagian di antara pengunjung apotek adalah para penjaga pasien di rumah sakit. Tentunya orang-orang ini beresiko tinggi membawa virus Covid, karena mereka bolak-balik ke rumah sakit, yang notabene adalah pusat penanganan pandemic covid saat ini.

Namun apotek online tentunya hanya bisa menangani penjualan obat-obatan bebas atau bebas terbatas saja. Mereka yang ingin membeli obat-obat keras masih harus mengunjungi apotek dan menunjukkan resep dokter yang dimiliki. Tapi setidaknya dengan sistem apotek online ini masyarakat bisa lebih mudah dalam mengecek obat-obatan yang akan dibeli.

Memang sistem apotek online belum sempurna saat ini. Pengawasan untuk obat-obatan keras masih harus dikembangkan dengan lebih baik lagi. Padahal banyak kalangan masyarakat di desa yang juga membutuhkan obat-obat keras dengan resep dokter ini. Seringkali mereka harus menyuruh keluarganya di kota untuk mengambilkan resep obat yang dikirim dulu ke kota. Tentunya ini adalah cara yang tidak praktis.

Seharusnya sistem pengawasan untuk apotek online ini sama dengan apotek offline. Jadi hanya yang mendaftarkan apotek onlinenya saja yang bisa melayani secara online. Dengan satu sistem yang terintegrasi untuk semua apotek online, maka akan sangat memudahkan pengawasan penjualan obat-obatan di apotek online ini di masyarakat. Tidak akan ada masyarakat yang bisa menggunakan resep yang sama berulangkali.

Selain itu tidak akan ada toko obat yang bisa menjual obat-obatan yang hanya bisa dijual di apotek secara online. Hal itu dikarenakan mereka harus mengantongi izin sebelum bisa melakukan penjualan online.

Namun untuk sampai ke satu sistem yang terintegrasi untuk semua apotek ini tentunya masih akan memerlukan waktu yang panjang. Sistem jaringan tunggal atau backbone yang dipantau oleh negara harus tersedia lebih dahulu. Sistem ini yang akan menjamin keamanan setiap masyarakat atau apotek dalam menggunakan dan menjalankan sistem apotek online ini.

Namun kita cukup bersyukur sudah ada sistem apotek online yang setidaknya bisa memudahkan kita untuk mendapatkan obat-obatan yang cukup umum digunakan saat ini. Mudah-mudahan sistem ini bisa semakin diandalkan ke depannya.

Apotek Online Membantu Masyarakat Yang Membutuhkan Obat-obatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas