Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat ISO 9001?

Terjun ke dalam sebuah dunia bisnis bukanlah hal yang mudah. Di dalam dunia bisnis anda harus bersaing dengan begitu banyak orang untuk memasarkan produk ataupun jasa anda. Bukan hal yang mudah untuk meyakinkan konsumen menggunakan barang barang ataupun jasa yang baru saja muncul. Oleh karena itu ada banyak sekali orang yang berusaha melakukan promosi besar-besaran untuk memperlihatkan kepada masyarakat bahwa mereka adalah sebuah perusahaan bonafit yang pasti akan menjaga kualitas dari produk mereka.

Hanya saja masyarakat saat ini sudah cukup pintar dan tidak terlalu mempedulikan masalah iklan seperti itu. Mereka terkadang lebih berharap bisa melihat sertifikat-sertifikat yang menyertai produk tersebut. Misalnya untuk produk makanan biasanya masyarakat berharap bisa melihat sertifikat halal dan juga sertifikat BPOM melekat pada label makanan tersebut. Jika sebuah produk makanan tidak mendapatkan kedua sertifikat ini maka pada umumnya akan sangat sulit bagi mereka untuk meyakinkan pasar.

Selain sertifikat ini ada juga kita kenal sertifikat ISO. Sertifikat ISO adalah sebuah sertifikat yang memberikan jaminan mutu ataupun jaminan konsistensi dari beberapa aspek produksi. Ada sertifikat ISO yang memberikan jaminan mutu pada sebuah produk dan ada juga yang memberikan jaminan mutu untuk proses produksinya. Bahkan ada sertifikat ISO yang memberikan jaminan untuk lingkungan hidup dan juga keberlangsungan sistem manajemen di dalam perusahaan tersebut.

Jika anda berusaha mendapatkan sertifikat ISO untuk produk anda maka kami merekomendasikan untuk mengurus sertifikat ISO 9001. Akan ada konsultan ISO yang mengunjungi kantor ataupun perusahaan anda untuk melakukan audit. Setelah melakukan audit konsultan ISO 9001 akan memberikan anda beberapa catatan yang bisa anda ikuti untuk melakukan perbaikan. Biasanya mereka akan memberikan waktu kepada anda untuk melakukan proses perbaikan ini.

Setelah masa periode pengawasan ini berlalu maka konsultan tadi akan datang kembali ke pabrik anda untuk melakukan pemeriksaan terhadap rekomendasi-rekomendasi yang sebelumnya diberikan. Jika anda bisa melakukan rekomendasi-rekomendasi yang diberikan oleh konsultan ISO 9001 tadi maka perusahaan anda akan berhak untuk menggunakan sertifikat ISO selama 3 tahun ke depan. Sertifikat ISO ini jelas akan memerlukan biaya. Anda harus membayar penyedia layanan konsultan ISO dan juga biaya penerbitan sertifikat ISO 9001 anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

All Rights Reserved Theme by 404 THEME.