Bagaimana Memasang Panel Surya?

Saat memasang pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), penting bagi Anda untuk mengetahui tip atau prosedur pemasangan yang baik dan benar. Pemasangan yang salah akan membuat PLTS tidak dapat berfungsi secara maksimal atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasang PLTS.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat memasang PLTS

Memilih situs pemasangan panel surya

Panel surya harus dipasang di atap rumah karena lokasi terkena sinar matahari langsung. Penting untuk memastikan bahwa lokasi atap tidak terkena naungan pohon atau bangunan di sekitarnya yang dapat menurunkan kinerja panel surya.

Memasang pembangkit listrik tenaga surya

Agar PLTS dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, pastikan untuk membeli komponen PLTS yang berkualitas. Anda bisa membeli dari distributor panel surya yang sudah memiliki kredibilitas yang baik, menawarkan jaminan produk, dan memiliki layanan yang profesional dan terpercaya.

Selain panel surya, Anda juga memerlukan inverter, dudukan panel surya di atap, kabel, dan perangkat pelindung listrik seperti pemutus arus. Anda juga memerlukan alat pertukangan seperti obeng, bor listrik, atau kunci pas berbentuk L.

Panel surya dipasang di atap menggunakan dudukan panel surya yang biasanya terbuat dari aluminium. Selanjutnya, panel surya dihubungkan secara seri. Sambungan panel surya kemudian dihubungkan dengan inverter dimana arus searah (DC) yang dihasilkan panel surya diubah menjadi arus bolak-balik (AC) yang dapat digunakan untuk kebutuhan listrik rumah tangga.

Kemudian inverter dihubungkan ke instalasi listrik rumah menggunakan kabel dan sebelum titik koneksi dengan listrik rumah dipasang alat proteksi pemutus arus. Setelah semua tahapan pemasangan selesai dan pemasangan dipastikan aman, maka dilakukan pengujian dan commissioning untuk memastikan sistem PLTS dapat berfungsi dengan baik. Setelah semua tahapan dilakukan dengan benar dan aman, sistem PLTS siap menghasilkan listrik yang dapat Anda gunakan.

Bagaimana Memasang Panel Surya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas