Bingung memulai belajar bahasa pemrograman?

Tapi ini kehidupan kita semakin lama semakin dikuasai oleh teknologi. Hampir setiap bidang kehidupan sekarang sudah melibatkan teknologi yang canggih seperti komputer, smartphone, atau aplikasi-aplikasi teknologi lainnya. Setiap teknologi ini melibatkan kecerdasan buatan yang disusun oleh serangkaian algoritma.

Hal inilah yang membuat anda semakin banyak orang yang tertarik untuk belajar bahasa pemrograman. Mereka berharap bisa membuat program ataupun algoritma yang suatu saat akan diterima secara luas oleh masyarakat. Program ini bisa saja berupa os komputer ataupun sebuah aplikasi smartphone.

Untuk bisa membuat hal-hal seperti ini maka tentunya anda harus menguasai bahasa pemrograman yang terkait dengan proyek yang ingin anda kerjakan. Mungkin saat ini anda masih sangat awam sehingga anda merasa bingung bagaimana cara terbaik untuk memulai pembelajaran anda tentang bahasa pemrograman ini.

Untuk itu anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini. Jika anda mau mempelajari bahasa pemrograman dari yang sederhana maka anda bisa mencoba mempelajari html dan css terlebih dahulu. Keduanya adalah bahasa pemrograman yang paling sederhana saat ini namun anda hanya akan bisa membuat sebuah website sederhana dengan menggunakan bahasa-bahasa ini.

Jika anda berharap bisa membuat website yang lebih kompleks maka selanjutnya anda bisa mempelajari javascript ataupun php. Anda bisa membuat website yang mempunyai fungsi-fungsi tertentu dengan menggunakan bahasa pemrograman ini. Selanjutnya jika anda ingin membuat program untuk hp android anda bisa mempelajari bahasa pemograman java dan juga kotlin.

Tentu saja tidak direkomendasikan bagi anda untuk mempelajari semua bahasa ini sekaligus. Anda bisa mempelajari satu bahasa terlebih dahulu. Anda bisa menambah pengetahuan bahasa pemrograman anda setelah anda menguasai satu bahasa tertentu. Alternatif lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mempelajari bahasa pemrograman yang sesuai dengan proyek yang ingin anda buat.

Jika sejak awal anda hanya ingin membuat aplikasi untuk smartphone android maka anda hanya perlu mempelajari bahasa bahasa pemrograman yang anda butuhkan untuk membuat aplikasi tersebut. Hal ini akan membuat anda lebih cepat untuk menguasai bahasa yang penting untuk tujuan anda.

Anda tidak perlu menguasai semua bahasa pemrograman jika anda sama sekali tidak berencana untuk menggunakannya. Setelah anda menentukan bahasa pemrograman mana yang akan anda pelajari maka langkah selanjutnya adalah mencari tutorial ataupun mentor yang bisa membantu anda mempelajari bahasa pemrograman tersebut.

Jika anda benar-benar serius ingin mempelajari bahasa pemrograman maka sangat direkomendasikan agar anda menggunakan bantuan seorang mentor. Anda bisa mendapatkan bantuan ini dengan mendaftarkan diri anda pada kursus bahasa pemrograman.

Biasanya kursus bahasa pemrograman seperti ini sudah mempunyai program terpadu. Hal ini akan membuat anda mempelajari bahasa pemrograman dengan lebih terstruktur. Anda akan terhindar dari kesalahan pemula yang sering loncat-loncat sini dalam mempelajari bahasa pemrograman.

Sebuah kursus bahasa pemrograman atau kursus programming akan memberikan anda banyak kesempatan untuk berlatih dengan beberapa masalah pemrograman. Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan contoh kode-kode yang berfungsi dengan baik. Dengan mempelajari hal-hal seperti ini anda akan bisa lebih mudah memahami bagaimana cara atau prinsip kerja dari sebuah bahasa pemrograman.

Bingung memulai belajar bahasa pemrograman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas