CARA MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK INTERVIEW

Pada dasarnya, persiapan interview berarti meluangkan waktu untuk memikirkan dengan hati-hati tentang tujuan dan kualifikasi Anda terkait dengan pekerjaan yang anda inginkan.

Untuk mencapai ini, Anda harus meneliti perusahaan dan meninjau deskripsi pekerjaan dengan cermat untuk memahami mengapa Anda cocok dengan pekerjaan tersebut. Mari kita lihat langkah-langkah persiapan interview yang baik dan benar.

  1. Pertimbangkan alasan Anda untuk wawancara dan kualifikasi Anda – Sebelum wawancara, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang diri anda sendiri, tentang mengapa Anda menginginkan pekerjaan tersebut dan mengapa Anda memenuhi syarat. Mengapa? Sebab Anda harus siap untuk menjelaskan minat Anda pada interview dan mengapa Anda adalah orang terbaik untuk pekerjaan tersebut.
  2. Periksa deskripsi pekerjaan dengan cermat – Selama mencari pekerjaan, Anda harus memperhatikan deskripsi pekerjaan yang diposting oleh perusahaan sebagai panduan. Deskripsi pekerjaan adalah daftar kualifikasi, sifat, dan latar belakang yang dicari pemberi kerja pada kandidat yang ideal. Semakin Anda sesuai dengan detail ini, semakin besar kemungkinan pemberi kerja dapat melihat bahwa Anda memenuhi syarat. Deskripsi pekerjaan juga dapat memberi Anda ide tentang pertanyaan yang mungkin diajukan pewawancara selama interview.
  3. Persiapkan jawaban Anda untuk pertanyaan yang sering muncul dalam interview – Meskipun Anda tidak dapat memprediksi setiap pertanyaan yang akan diajukan dalam wawancara, ada beberapa pertanyaan umum yang sering muncul dalam wawancara. Untuk membantu persiapan interview anda, berikut adalah beberapa contoh pertanyaan tersebut:
    • Kenapa Anda ingin bekerja di sini? Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan mempelajari tentang produk, layanan, misi, sejarah, dan budaya perusahaan. Sertakan dalam jawaban Anda aspek perusahaan yang menarik bagi Anda yang selaras dengan tujuan karier Anda.
    • Apa kelebihan Anda? Pertanyaan ini memberi Anda kesempatan untuk berbicara tentang keterampilan teknis dan interpersonal Anda. Ketika pewawancara meminta Anda untuk mendeskripsikan kelebihan Anda, bagikan karakteristik, edukasi dan hal-hal lain yang sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan.
    • Apa yang menarik minat Anda dalam pekerjaan ini? Pewawancara biasanya menanyakan pertanyaan ini untuk memastikan Anda memahami peran dari pekerjaan tersebut, dan memberi Anda kesempatan untuk menyoroti keterampilan Anda yang relevan. Membandingkan kualifikasi pekerjaan dengan keterampilan dan pengalaman yang Anda miliki. Pilih beberapa keterampilan dan pengalaman yang sangat Anda sukai atau kuasai, dan fokuslah pada jawaban tersebut.
  1. Berlatihlah berbicara dengan suara dan bahasa tubuh yang baik – Penting untuk meninggalkan kesan positif selama proses interview. Anda dapat melakukannya dengan melatih suara bicara yang stabil, percaya diri, dan bahasa tubuh yang baik dan ramah. Meskipun hal tersebut merupakan hal yang anda lakukan sehari-hari, Anda mungkin juga ingin meluangkan waktu untuk berlatih bersama teman atau keluarga Anda. Berlatih di depan cermin juga dapat menjadi pilihan yang baik. Beri perhatian khusus pada senyum, cara berjabat tangan, dan langkah Anda.
CARA MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK INTERVIEW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas