Kapan Paket Web Hosting Upgrade Ke Virtual Private Server?

Virtual private server merupakan jenis layanan web hosting yang saat ini paling banyak digunakan di Indonesia. Jika anda SEOrang yang ingin berkecimpung di dunia online namun belum mengetahui apa itu VPS (virtual private server) maka sebaiknya Anda menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini.

VPS merupakan salah satu jenis web hosting. Meskipun jenis web hosting ini membagi server ke beberapa akun website tetapi VPS menggunakan teknologi virtualisasi dengan source dedicated pada servernya. Jadi walaupun harganya lebih murah daripada dedicated server, tapi Anda bisa mendapatkan layanan yang hampir sama dengan dedicated server.

VPS bisa menjadi pilihan jenis hosting yang tepat bagi anda jika anda hanya memerlukan bandwidth yang besar tetapi tidak memerlukan ruangan penyimpanan yang besar. Jadi jika anda tidak perlu menyewa satu ruang server secara keseluruhan maka anda dapat menggunakan VPS dan berbagi ruang server dengan beberapa website lainnya. Dengan vps Anda dapat mengcover semua kebutuhan anda tanpa berlebihan.

VPS memiliki ragam jenis paket dengan variasi penawaran yang berbeda-beda. Tingkat persaingan layanan web hosting di Indonesia juga menyebabkan persaingan ketat dalam menawarkan paket VPS. Oleh karena itu Anda harus jeli dalam menilainya. Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam menilai paket VPS antara lain spesifikasi fitur, layanan, serta harga.

Server merupakan tempat hosting menyimpan segala data dari website anda. Apabila SEOrang pengunjung ingin datang ke website Anda, browser akan mengirimkan permintaan tersebut ke server anda dan server anda akan mengirim semua data yang dibutuhkan melalui internet untuk dapat ditampilkan di Browser. Di sini vps berfungsi untuk menyediakan server virtual untuk menggantikan server fisik dengan beberapa user dalamnya.

GPS dikatakan private karena walaupun Anda harus berbagi server dengan beberapa pengguna website lainnya, tetapi anda tetap memiliki kendali penuh atas website anda. Anda dapat memiliki kendali penuh atas website anda karena vps memisahkan server user pada level operating system. Teknologi ini sama dengan membuat partisi pada komputer saat anda ingin menggunakan operating sistem yang berbeda tanpa reboot. Pembagian partisi ini juga mengakibatkan vps memiliki sifat virtual karena adanya layer virtual di atas sistem operasi yang membagi server ke dalam beberapa partisi. Jadi dengan vps Anda dapat menginstal operating system dan aplikasi sesuai kehendak Anda tanpa perlu memberikan efek samping kepada ada pengguna server lainnya.

Website Anda juga menjadi lebih aman saat Anda menggunakan vps karena adanya jaminan resource yang tidak memaksakan anda untuk berbagi dengan user lainnya. Dengan menggunakan vps Anda juga mendapatkan akses menggunakan root level layaknya di dedicated server. Jadi walaupun dengan harga yang lebih murah Anda bisa mendapatkan layanan layaknya dedicated server.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

All Rights Reserved Theme by 404 THEME.