Kenapa Taaruf Lebih Baik Dari Pacaran?

Banyak sekali manfaat Taaruf yang bisa didapatkan jika dibandingkan dengan pacaran yang umumnya membawa banyak kemaksiatan. Nah, berikut ini akan dipaparkan kelebihan manfaat Taaruf yang mungkin tidak pernah Anda sadari.

Hindari perzinahan

Taaruf adalah salah satu cara agar tidak melakukan zina atau berduaan di tempat yang sepi, karena dalam Taaruf, laki-laki dan perempuan dilarang bertemu secara sembunyi-sembunyi tanpa pendamping. Ini adalah cara cari jodoh siap nikah yang dikenal di dalam ajaran Islam

Lebih adil

Saat perkenalan terjadi, keduanya saling bertukar informasi tentang kelebihan dan kekurangan satu sama lain tanpa menutupi apapun. Keluarga juga tahu itu. Jadi tidak akan ada kebohongan dan tentunya lebih adil untuk masing-masing pihak.

Lebih efektif

Selama proses Taaruf, terjadi pertukaran informasi antara kedua belah pihak dalam waktu singkat sehingga tidak perlu berkeliaran seperti orang yang sedang pacaran. Inilah yang membuat Taaruf lebih efektif daripada pacaran.

Prosesnya Berjalan Cepat

Berpacaran memang sering memakan waktu lama. Berbeda dengan Taaruf dimana jika keduanya merasakan banyak kecocokan, itu akan membawa keduanya ke level berikutnya, yaitu lamaran dan kemudian pernikahan. Namun, jika Anda merasa tidak cocok, maka tidak ada perpisahan, melainkan hanya berhenti dalam proses Taaruf dan tidak menimbulkan permusuhan. Tentu hal ini berbeda dengan pacaran yang seringkali berakhir dengan permusuhan jika sudah putus.

Taaruf ini memang tidak ada panduan khususnya, tetapi harus tetap sesuai dengan semua aturan hukum syariat Islam. Ada yang berpendapat bahwa taaruf dibagi menjadi dua bagian, bagian yang pertama adalah bertukar data, baru kemudian dilakukan pertemuan yang didampingi dengan mahramnya.

Ada juga yang melalui orang tua, saudara, atau teman dengan menanyakan apakah mereka bersedia untuk mengenal calon kenalan atau tidak, dan kemudian menjadwalkan pertemuan jika memang disetujui.

Persyaratan untuk berkenalan dengan Syariah Islam

Syarat berkenalan tidak melanggar syariat adalah menilai niat untuk melengkapi agama dengan pernikahan karena Allah ta’ala bukan karena keterpaksaan. Tidak ada yang disembunyikan dari pihak lain dan jika menerima atau menolaknya harus dilakukan dengan baik, dan tentu saja harus ada mahram yang menemaninya.

Tahapan taaruf dalam Islam sesuai dengan Sunnah

Mengapa taaruf dalam Islam harus disertai dengan keluarga yang mendampingi? Karena Islam melarang baik laki-laki maupun perempuan untuk berdua-duaan tanpa pihak ketiga jika bukan mahramnya. Selain itu keberadaan pendamping ini akan membantu keduanya menghindari segala bentuk fitnah dari masyarakat sekitar.

Apa itu khitbah?

Khitbah atau yang biasa juga kita sebut sebagai acara lamaran adalah pernyataan atau permintaan seorang pria kepada seorang wanita dengan maksud untuk menikahinya. Permintaan ini dapat diajukan oleh orang tersebut secara langsung atau diwakili oleh pihak lain sesuai dengan ketentuan agama Islam.

Proses khitbah ini baru bisa dianggap selesai setelah pihak wanita menyatakan bersedia menerima khitbah tersebut. Penerimaan ini menandai bahwa si wanita sudah resmi dilamar atau biasa disebut makhtubah. Dan setelah melakukan khitbah ini, Anda dan calon pasangan bisa memperdalam materi persiapan nikah dalam Islam sesuai sunnah Nabi.

=========

Jadi bagi anda yang mau cari jodoh siap nikah secara islami, maka taaruf adalah cara yang harus anda tempuh. Ini adalah metode cari jodoh siap nikah yang diatur menurut syariat Islam untuk menghindari zinah dan juga fitnah masyarakat. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu anda melakukan taaruf dengan benar.

Kenapa Taaruf Lebih Baik Dari Pacaran?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas