Pengetahuan Dasar Digital Marketing

Apa itu digital marketing? Jawaban atas pertanyaan yang sangat penting ini masih terus berkembang, karena ‘digital’ terus dengan cepat berinovasi di dalam kehidupan kita.

Sebagai pemasar, kita harus tetap waspada dan terus mengawasi ancaman dan peluang baru di lanskap digital. Tetapi mungkin sulit untuk mengetahui tren mana yang benar-benar akan menambah nilai pada strategi marketing Anda, dibandingkan dengan metrik yang tidak berguna.

Pada saat yang sama, kita masih secara teratur berhubungan dengan pemasar dan pemilik bisnis menggunakan istilah ‘digital’ yang berarti ‘situs web kami’ atau ‘halaman Facebook kami’. Pemikiran ini membatasi ruang lingkup dan peluang dari apa yang dikelola dan itu berarti bahwa kegiatan yang perlu dikelola dengan baik mungkin terlewatkan.

Untuk benar-benar mendefinisikan digital marketing saat ini, Anda memerlukan struktur yang mencakup semua titik kontak pelanggan Anda, yang mengintegrasikan pengalaman online, offline, dan omnichannel, dan memberdayakan Anda dengan pendekatan berbasis data untuk mengidentifikasi dan mengelola perjalanan pelanggan Anda.

Di situlah RACE Framework berperan. Template marketing strategis populer kami menginformasikan pemasar dan manajer tentang fungsi aktivitas digital marketing dan offline dalam siklus hidup pelanggan mereka.

Jika Anda ingin mengoptimalkan strategi marketing Anda, mengintegrasikan aktivitas digital Anda, atau hanya butuh bantuan untuk memprioritaskan langkah selanjutnya untuk mengembangkan bisnis Anda, kami sarankan untuk menggunakan jasa konsultan digital marketing.

Konsultan akan membantu anda melihat opsi strategi digital marketing yang terbaik, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang strategi terbaik untuk bisnis Anda.

Dalam kerangka Jangkauan, Tindakan, Konversi, dan Libatkan di semua saluran ini, Anda dapat menerapkan praktik digital secara efektif di dalam organisasi Anda dengan merencanakan, mengelola, dan mengoptimalkan media digital, pengalaman digital, dan data digital Anda.

5 Aspek Digital Marketing

Untuk memahami pentingnya digital bagi masa depan marketing dalam bisnis apa pun, sebaiknya pikirkan tentang interaksi audiens yang perlu kita pahami dan kelola. Marketing hari ini adalah tentang lebih banyak jenis interaksi audiens daripada situs web atau email…

Ini melibatkan pengelolaan dan pemanfaatan ‘5 aspek’ yang telah kami definisikan sebelumnya. 5 aspek ini mendefinisikan peluang bagi konsumen untuk berinteraksi dengan merek dan bisnis anda. Hal ini memungkinkan pemasar untuk berinteraksi dengan konsumen dan mencari tahu apa saja yang dibutuhkan oleh market mereka.

Adapun 5 aspek dari digital marketing ini antara lain adalah…

  • Perangkat digital – audiens merasakan merek saat mereka berinteraksi dengan situs web bisnis dan aplikasi seluler biasanya melalui kombinasi perangkat yang terhubung termasuk ponsel cerdas, tablet, komputer desktop, TV, dan perangkat game.
  • Platform digital – sebagian besar interaksi pada perangkat ini melalui browser atau aplikasi dari platform atau layanan utama, yaitu Facebook (dan Instagram), Google (dan YouTube), Twitter, dan LinkedIn.
  • Media digital – saluran komunikasi berbayar, dimiliki, dan diperoleh yang berbeda untuk menjangkau dan melibatkan audiens termasuk iklan, email dan pesan, mesin pencari, dan jejaring sosial.
  • Data digital – wawasan yang dikumpulkan bisnis tentang profil audiens mereka dan interaksi mereka dengan bisnis, yang sekarang perlu dilindungi oleh hukum di sebagian besar negara.
  • Teknologi digital – teknologi marketing atau tumpukan martech yang digunakan bisnis untuk menciptakan pengalaman interaktif dari situs web dan aplikasi seluler hingga kios di dalam toko dan kampanye email.

Dengan memahami 5 aspek dari digital marketing ini kita akan selalu bisa mengikuti perkembangan dari pemasaran digital. Jadi anda harus selalu memahami hal-hal terbaru dari kelima aspek digital marketing ini untuk bisa menyusun strategi digital marketing yang efektif.

Pengetahuan Dasar Digital Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas