PENTINGNYA JEMBATAN TIMBANG TRUK YANG AKURAT

Jembatan timbang merupakan komponen yang penting di kawasan industri utamanya di daerah pergudangan dan juga pabrik produksi. Fungsi utama dari timbangan ini adalah untuk mengetahui berat muatan kendaraan saat melakukan penerimaan atau pun melakukan pengiriman. Disebut jembatan timbang karena timbangan ini memiliki platform yang menyerupai jembatan.

Pada platform inilah kendaraan akan ditimbang beratnya untuk mengetahui berat muatannya. Timbangan akan secara otomatis menimbang berat kendaraan yang berada di atas platformnya dan menampilkannya pada komputer yang terhubung dengan timbangan ini.

Karena pentingnya fungsi jembatan timbang ini pada dunia industri, timbangan jenis ini banyak digunakan oleh sektor indutri pertanian, pertambangan di mana jumlah satuan hasil produksinya tidak dapat dihitung satu per satu. Namun, untuk mempercepat proses penghitungan penerimaan dan pengiriman barang, timbangan ini juga sering digunakan oleh pabrik-pabrik manufaktur dan banyak jenis pabrik lainnya.

Ada pun fungsi utama jembatan timbang atau yang juga dikenal sebagai timbangan truk ini adalah sebagai berikut:
1. Pemantauan – Pemantauan dilakukan untuk mengetahui tren transportasi pengangkutan barang dari waktu ke waktu, seperti jumlah dan juga jenis komoditinya. Sayangnya, dalam perkembangan dunia transportasi yang pesat, timbangan truk konvensional terkadang sudah tidak dapat lagi mengakomodasi penimbangan truk yang memiliki kapasitas yang besar dan juga tinggi karena timbangan konvensional hanya memiliki kapasitas yang cukup kecil untuk ukuran muatan truk saat ini dan juga cukup rendah untuk dilalui truk-truk keluaran terbaru. Karena itu dibutuhkan timbangan truk modern yang baru untuk melakukan pemantauan pada kendaraan-kendaraan truk angkut saat ini.
2. Pengawasan – pengawasan perlu dilakukan untuk memastikan tidak ada kendaraan nakal yang memuat melebihi daya tampungnya. Kendaraan yang mengangkut melebihi daya muatnya dapat menyebabkan kecelakaan yang tentunya tidak hanya membahayakan pengemudi dan kendaraannya sendiri tetapi juga pengemudi dan kendaraan lainnya. Kendaraan dengan muatan yang berlebih juga cepat merusak jalan sehingga membuat pemborosan dalam biaya perbaikan jalan. Jalan yang rusak juga dapat merusak kendaraan lain yang lewat dan bahkan menyebabkan kecelakaan.
3. Penindakan – Bagi kendaraan yang kedapatan memuat melebihi batasnya, maka pengemudi kendaraan tersebut dapat menerima tindakan. Jika beban muatan tidak jauh melebihi batas toleransi, maka biasanya pengemudi akan menerima denda dan diizinkan untuk melanjutkan perjalanan. Namun jika muatan truk jauh melebihi batas toleransi maka muatan berlebih harus diturunkan dan juga membayar denda, barulah setelah itu truk diizinkan untuk melanjutkan perjalanan.

Itu dia fungsi utama jembatan timbangan pada dunia transportasi. Selain fungsi di atas, jembatan timbang juga memegang peranan penting dalam untuk dan rugi perusahaan dalam dunia industri. Oleh karena itu, jembatan timbang yang akurat sangat diperlukan. Jadi pastikan anda memilih jembatan timbang yang berkualitas dengan daya tahan dan akurasi yang bertahan lama, bahkan jika perlu memiliki garansi bertahun-tahun.

PENTINGNYA JEMBATAN TIMBANG TRUK YANG AKURAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas