PERUBAHAN JADWAL FI DAN MOTOGP AUSTRALIA

Formula One dan Grand Prix merupakan dua event yang dijalankan oleh Australian Grand Prix Corporation (AGPC). Biasanya kedua event ini memiliki jadwal yang jauh berbeda dimana pembukaan musim Formula One di Albert Park.

Biasanya dilakukan pada bulan Maret dan MotoGP di Pulau Phillip biasanya dilakukan pada bulan Oktober. Namun, pembatasan perjalanan yang sedang berlangsung karena pandemi telah membuat balapan F1 tertunda tahun ini.

Jadi dari yang biasanya dilaksanakan pada bulan maret, kini dijadwalkan berlangsung pada 21 November, 4 minggu setelah balapan MotoGP.

Ketua AGPC mengatakan bahwa masih terbuka kemungkinan adanya perubahan jadwal terhadap kedua event ini. Terkait jadwal yang direncanakan terdapat empat opsi untuk tahun 2022 dan seterusnya, salah satunya adalah pertukaran langsung antara acara F1 dan MotoGP.

Pertukaran ini akan menjaga jarak rentang waktu antar kedua event. Hal ini sangat penting untuk manajemen dan penjualan tiket yang lebih baik. Selain itu, dengan pertukaran waktu ini, para pembalap bisa mendapatkan cuaca yang lebih baik untuk melakukan balapan. Namun belum ada keputusan final terkait jadwal F1 dan MotoGP ini.

Sebagai event yang sering diadakan di awal tahun, F1 merupakan pilar utama dalam kalender Melbourne. Namun pengunduran jadwal F1 memberikan kesempatan untuk mempertimbangkan empat skenario.

Skenario pertama adalah melaksanakan kedua acara tersebut di awal musim, yakni pada bulan Februari atau Maret. Skenario kedua adalah pelaksanaan kedua event di akhir musim, yakni pada bulan Oktober atau November.

Skenario ketiga adalah skenario klasik di mana jadwal F1 di awal musim sedangkan jadwal MotoGP di akhir musim. Skenario ke empat adalah kebalikan dari skenario tiga, yakni jadwal MotoGP di awal musim dan jadwal F1 di akhir musim.

Keempat skenario ini masih dalam masih pertimbangan terkait masalah pro dan kontra serta nilai dan manfaat yang event olahraga ini bisa berikan terhadap Melbourne. Semua skenario akan dipertimbangkan dan akan diputuskan setelah menyelesaikan kalender pada pertengahan tahun ini.

Selama ke empat skenario ini masih dalam pertimbangan maka masih belum ada pula jaminan bahwa kedua acara tersebut akan dilaksanakan pada tahun ini.

Apa lagi jika perbatasan Australia tertutup bagi negara-negara lain. Saat ini Siapa pun yang memasuki Australia masih dikenai karantina hotel selama 14 hari, sebuah praktik yang tidak mungkin dihentikan sampai vaksin mencapai tingkat sirkulasi global yang siknifikan.

Program vaksin Australia dimulai pada Maret dan diharapkan selesai pada bulan Oktober. Sampai saat ini, Melbourne telah berhasil menjadi tuan rumah acara internasional pertamanya sejak masa pandemi dimulai, yakni menjadi tuan rumah untuk turnamen tenis Australia Terbuka pada bulan Maret ini, tetapi para pemain dan timnya harus menjalani karantina penuh selama dua minggu.

PERUBAHAN JADWAL FI DAN MOTOGP AUSTRALIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas