Sejarah sepak bola, mulai dari awal ditemukan sampai perkembangannya

Sejarah sepak bola aturan permainan dan ukuran lapangan standar Nasional dan Internasional lengkap. Sampai saat ini tidak ada olahraga yang memiliki tingkat kepopuleran seperti sepak bola. Ya sepak bola memang selalu menjadi magnet bagi jutaan orang terutama saat perhelatan piala dunia digelar.

Sepak bola merupakan olahraga yang dimainkan oleh 11 orang pada masing-masing tim. Dalam pertandingan sepak bola masing-masing tim harus mencetak gol sebanyak-banyaknya dalam waktu yang sudah ditentukan.

Jadi dalam permainan sepak bola tidak ada istilah game. Secara umum permainan sepak bola ditentukan dengan dua babak dimana masing-masing babak terdiri dari 45 menit. Jadi total permainan sepak bola terdiri dari 90 menit.

Sejarah sepak bola kuno

Menurut sejarah sepak bola awalnya ditemukan oleh orang-orang tiongkok. Tepatnya pada abad ke-2 atau ke-3 sebelum masehi pada ke kaisaran dinasti han. Permainan sepak bola pada waktu itu menggunakan bola yang terbuat dari kulit dengan gawang yang berukuran kecil.

Kabarnya permainan sepak bola awalnya ditujukan untuk melatih fisik para tentara tiongkok. Selain sebagai latihan fisik sepak bola juga dianggap merupakan sebuah hiburan terutama saat pesta. Di tiongkok pada waktu itu sepak bola masih dinamakan sebagai tsu chu.

Selain di cina olahraga yang hampir mirip dengan “tsu chu” di china ini juga ditemukan di jepang dengan nama “kemari”. Selain kedua negara tersebut ternyata beberapa negara lainnya seperti inggris, meksiko dan roma, juga mengenal sepak bola meskipun permainannya sedikit berbeda.

Sejarah sepak bola di inggris

Awal sejarah sepak bola modern dimulai dari inggris. Inggris dianggap sebagai negara yang telah mempopulerkan sepak bola modern. Meskipun demikian perjalanan sejarah sepak bola di inggris sedikit mendapat tentangan oleh raja edward 3 pada tahun 1365. Raja edward melarang permainan sepak bola karena dianggap sarat akan kekerasan.

Ya sepak bola dulu memang sangat berbeda dengan sekarang. Pada awal ditemukannya permainan sepak bola memang memiliki aturan yang sangat minim sehingga sering terjadi kekerasan. Sebenarnya raja edward 3 sempat mengizinkan kembali permainan sepak bola dikenal akan tetapi sayangnya masih dengan format lama yaitu penuh dengan kekerasan.

Hingga pada akhirnya ratu elizabeth 1 pada tahun 1572 secara resmi melarang kembali permainan sepak bola. Tetapi laki-laki sepak bola kembali diperbolehkan tepatnya pada tahun 1680 oleh raja charles 2.

Sejarah terbentuknya FIFA

Saat ini pasti hampir semua penggemar sepak bola pasti mengenal organisasi FIFA atau Federation Of International Football Association. FIFA didirikan di perancis pada tahun 1904 sebagai organisasi induk sepak bola dunia.

FIFA atau deration Of International Football Association memiliki sebuah slogan for in the game for the world. Salah satu alasan dibentuknya FIFA adalah untuk menaungi tim sepak bola internasional serta membuat aturan khusus dalam permainan sepak bola. Dengan dibentuknya FIFA tentu permainan sepak bola menjadi semakin menarik dan kekerasan mulai dihilangkan.

Sampai saat ini setidaknya ada sekitar 209 negara anggota tetap FIFA. Salah satu kompetisi terbesar yang diadakan oleh FIFA adalah piala dunia atau yang sering kita kenal dengan World Cup. Event sepak bola 4 tahunan ini telah menyedot perhatian dunia dan menjadi salah satu perhelatan olahraga paling populer di dunia.

Peraturan sepak bola

Peraturan dalam permainan sepak bola secara umum diatur oleh international football association  board atau ifab. IFAB terdiri dari beberapa perwakilan asosiasi sepak bola wales, irlandia, skotlandia dan 4 wakil dari FIFA. Ada beberapa peraturan sepak bola yang perlu anda ketahui di antaranya adalah:

Jumlah pemain sepak bola

Dalam permainan sepak bola sebuah tim setidaknya memiliki 11 pemain utama termasuk satu diantaranya menjadi penjaga gawang atau kiper. Sedangkan sedikitnya sebuah tim sepak bola harus terdiri dari 7 pemain. Jadi jika ada sebuah tim sepak bola yang 5 pemainnya terkena kartu merah maka pertandingan sepak bola tidak bisa dilanjutkan. Itu artinya tim tersebut dinyatakan kalah.

Kapten dalam pertandingan sepak bola

Dalam pertandingan sepak bola harus ada seorang pemimpin atau kapten dalam satu tim. Salah satu fungsi kapten adalah untuk mendeskripsikan jika ada masalah dengan timnya. Selain itu kapten dalam pertandingan sepak bola juga dianggap sebagai seorang pemimpin yang mengkoordinasi teman-temannya.

Peraturan waktu sepak bola

Secara umum permainan sepak bola standar terdiri dari 90 menit yang dibagi menjadi dua babak. Masing-masing babak terdiri dari 45 menit dan 15 menit waktu untuk istirahat.

Apabila dalam 90 menit pertandingan tidak ada satu pun yang mencetak gol atau skor imbang maka akan diadakan babak tambahan. Babak tambahan ini biasanya terdiri dari dua babak dimana masing-masing babak terdiri dari 15 menit. Akan tetapi jika pertandingan masih tetap imbang maka langkah terakhir adalah diadakan adu tendangan pinalti.

Ukuran lapangan sepak bola

Berbeda dengan kebanyakan jenis olahraga yang menentukan ukuran standar lapangan yang digunakan, dalam sepak bola tidak ada aturan baku mengenai ukuran lapangan. Jadi pada masing-masing tim ukuran lapangan sepak bola standar internasional akan sedikit berbeda satu sama lain.

Akan tetapi paling tidak lapangan sepak bola standar memiliki ukuran panjang sekitar 90-120 m dan lebar minimal 45 hingga 90 meter. Untuk lingkar tengah dalam lapangan sepak bola biasanya berkisar antara 9,5 m. Panjang kotak penalti biasanya sekitar 40 m.

Sedangkan untuk lebar kotak penalti yaitu 16,5 m dan jarak tendangan penalti 11 m. Panjang area gawang dalam lapangan sepak bola adalah 18,32 m dan lebar area gawang 5,5 m. Untuk ukuran tinggi gawang yang standar biasanya berkisar antara 2,4 m dan lebarnya 7,3 m.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

All Rights Reserved Theme by 404 THEME.